4500 Soal TKP CPNS HOTS Terbaru


Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan Tes Skala Kematangan adalah sebuah tes psikologi yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Dalam Ilmu Psikologi, tes ini merupakan adaptasi dari Maturity Test atau Test of Adultness. 

Adapun materi yang diujikan pada umumnya menekankan pada aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling dibutuhkan oleh seorang profesional. 

Aspek kedewasaan yang sering diujikan dalam tes ini adalah :Aspek kepercayaan diri, Aspek toleransi, Aspek kepedulian lingkungan, Aspek semangat berprestasi, Aspek inisiatif, Aspek kreatifitas kerja, Aspek efisiensi cara kerja, Aspek integritas, Aspek kejujuran, Aspek tanggung jawab, Aspek kemampuan beradaptasi, Aspek pengendalian diri, Aspek ketekunan, Aspek penghargaan terhadap orang lain, Aspek ketegasan.

Soal 1-10

1. Ketika anda hendak berangkat ke kantor, anda melewati jalan raya dan anda melihat banyak orang membuang sampah di dekat tempat pembuangan sampah dan sampah tersebut berserahkan dipinggir jalan yang mengganggu pandangan dan jalannya kendaraan. Apakah yang akan anda lakukan melihat keadaan tersebut...
  • Segera merapikan sampah itu tanpa pikir panjang, demi kepentingan penggguna jalan lain dan masyarakat banyak
  • Melewati dan membiarkannya begitu saja karena bukan tanggung jawab saya
  • Memberitahu orang yang ada disekitar jalan untuk memungut sampah tersebut dan membuah pada tempat pembuangan sampah yang telah disediakan
  • Memvidoe dan foto selanjutnya diviralkan melalui media sosial agar semua orang paham kondisi di sekitar tempat pembuangan sampah
  • Menelepon pihak berwenang yang bertanggung jawab dengan sampah ini
JAWABAN CEDAB
Topik Kemampuan mengendalikan diri, Indikator kesadaran diri untuk melakukan tindakan yang diyakini kebenarannya untuk edukasi, anda melihat sampah berserahkan di dekat jalan tempat pembuangan sampah yang mengganggu jalannya kendraan, maka opsi C adalah yang paling benar dengan hal tersebut anda menunjukkan bahwa anda orang yang memiliki kesadaran diri, dan mengambil tindakan untuk solusi dari masalah yang ada untuk edukasi

2. Awal tahun ini anda barus saja lulus dari sebuah Universitas ternama dengan predikat cumloude. Andapun mencoba peruntungan untuk melamar dibeberapa perusahaan. Setelah mengikuti beberapa kali proses seleksi dibeberapa perusahaan akhirnya anda diterima disebuah perusahaan yang terletak dipinggiran kota. Kemudian Anda memutuskan untuk mencari kontrakan disekitar lokasi perusahaan anda bekerja. Namun anda merasa tinggal di pinggiran kota memang sangat tidak mengenakkan. Mulai dari susahnya transportasi umum untuk ke kota, jauhnya fasilitas kesehatan, sampai jarangnya tepat hiburan sebagai pelepas stress jika pulang bekerja, tapi dengan tinggal di pinggiran kota membuat anda sering tiba tepat waktu di kantor, bagaimana sikap anda...
  • Saya akan mencoba untuk bertahan semampunya untuk tetap tinggal di pinggiran kota karena akan membuat saya lebih dekat dengan lokasi perusahaan
  • Mencari tempat tinggal lain yang lebih nyaman, meskipun sedikit jauh dari lokasi perusahaan tempat anda bekerja
  • Mencari cara agar dapat menikmati kehidupan di daerah pinggiran kota yang lokasinya dekat dengan pekerjaan anda
  • Berusaha untuk bekerja lebih giat dengan harapan bisa mendapatkan fasilitas rumah dari kantor.
  • Menerima hal ini sebagai resiko dari pekerjaan yang anda ambil dan berusaha untuk tetap bisa merasa nyaman tinggal di daerah pinggiran
JAWABAN : CEADB (54321)
Topik kemampuan beradaptasi, Indikator mampu beradaptasi dengan lingkungan baru serta bersifat menerima perubahan sebagai sebuah tantangan , permasalahan pada soal anda merasa bahwa tinggal di daerah pinggiran tidak mengenakan karena serba banyak kekurangan namun hal ini memudahkan untuk akses ke tempat kerja, solusi yang tepat adalah opsi C Mencari cara agar dapat menikmati kehidupan di daerah pinggiran kota yang lokasinya dekat dengan pekerjaan anda menunjukkan bahwa anda seorang yang mampu beradaptasi dengan suasana baru.

3. Semenjak musim kemarau melanda negeri ini terutama didaerah tempat tinggal anda. Membuat masyarakat disekitar harus berhemat dalam penggunaan air untuk kebutuhan rumah tangga dan keperluan sehari-hari lainnya. Satu satunya sumber air yaitu berasal dari air PDAM yang mengalir disetiap rumah warga. Namun akhir-akhir ini aliran air tersebut sering mati, terutama pada saat pagi hari dimana semua orang membutuhkannya untuk berbagai aktivitas mulai dari memasak sampai dengan untuk kebutuhan mandi sebelum menjalankan aktivitas. Hal apa yang akan anda lakukan...
  • Mengajukan protes kepada pihak penyedia jasa air yaitu PDAM agar pada saat pagi hari aliran air tidak mati karena ini merupakan hak warga
  • Santai saja, saya bisa meminta air untuk kebutuhan memasak dan mandi kepada tetangga
  • Menggunakan air seadanya untuk memasak dan kebutuhan mandi sebelum berangkat ke kantor agar tidak terlambat
  • Meminta suami/istri untuk membeli air gallon setiap harinya untuk kebutuhan memasak dan mandi anggota kelurga
  • Menampung air dimalam hari sebagai cadangan untuk kebutuhan dipagi hari
JAWABAN : EDACB (54321)
Topik Kreatifitas dan Inovasi, Indikator mampu berfikitan kreatif dan imajinatif untuk mrnyelesaikan dan mencari solusi terhadap masalah, masalah dalam soal adalah musim kemarau membuat warga harus berhemat air, ditambah lagi air sering mati jika diwaktu pagi solusi yang paling tepat adalah opsi E Menampung air semalaman sebagai cadangan menunujukkan jika kita orang yang kreatif dapat mencari solusi atas sebuah permasalahan yang terjadi.

4. Hari ini di kantor anda akan di adakan rapat besar terkait dengan kebijakan yang akan ditempuh oleh perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan terhadapa masyarakat. Semua karyawan yang mewakili divisi masing-masing diminta untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka pada saat rapat berlangsung, anda pun telah menyampaikan ide anda sebagai perwakilan dari divisi anda, namun rekan yang lain kurang mendukung ide dan gagasan yang anda ajukan karena dinilai tidak memiliki perubahan signifikan terhadap perusahaan kedepannya, sikap anda...
  • Mencoba membicarakan lebih jauh dengan rekan perwakilan divisi yang lain maksud dari gagasan yang anda ajukan dan dampaknya terhadap perusahaan
  • Mencari dukungan dari ketua rapat, dengan memberikan data-data yang mendukung gagasan anda agar diterima
  • Membicarakan dengan rekan divisi lain untuk memadukan gagasan yang anda punya
  • Menggantinya dengan ide lain yang lebih baik dan dapat diterima oleh semua perwakilan divisi
  • Merumuskan ide tersebut secara detail agar rekan rekan yang lain mengerti bahwa gagasan yang anda sampaikan akan berdampak baik bagi kemajuan perusahaan
JAWABAN : CDEAB (54321)
Topik kemampuan bekerjasa sama dalam kelompok, Indikator keterbukaan, saling bekerja sana dan selalu melibatkan orang lain , masalah gagasan anda dinilai kurang memberikan perubahan signifikan, solusi pertama yang bisa anda lakukan adalah memadukan gagasan anda dengan rekan yang lain seperi pada opsi C menunjukkan anda menerima pendapat orang lain dan berusaha tetap pada prinsip dengan kaloborasi dengan rekan yang lain.
 
5. Anda merupakan seorang karyawan pada sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang transportasi. Siang ini akan di adakan sebuah diskusi singkat dengan pimpinan perusahaan. Semua karyawan diminta untuk memberikan usulan terkait peningkatan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kedepannya agar banyak dari customer yang memakai jasa perusahaan anda, sikap anda...
  • Memberikan usulan jika ingin meningkatkan pelayanan, perusahaan harus memenuhi semua hal yang diinginkan oleh pelanggan tanpa terkecuali
  • Mengusulkan Adanya jalur khusus untuk ibu hamil dan menyusui dan para lansia
  • Mengusulkan agar pada hari libur masal biaya tiket didiskon hingga 50% sehingga banyak dari pelanggan yang akan menggunakan jasa perusahaan anda
  • Memberikan usulan agar perusahaan menyediakan fasilitas kusus bagi ibu hamil, menyusui dan lansia
  • Menyusulkan agar alat transportasi yang digunakan selalu bersih dengan cara merekrut karyawan baru dengan gaji tinggi
JAWABAN : DECBA (54321)
Topik Orientasi pada pelayanan, Indikator memberikan pelayanan terhadap pelanggan secara cepat dan mengerti kebutuhan pelanggan tapi disesuaikan dengan sop perusahaan , permasalahan ingin meningkatkan pelayanan, opsi D adalah opsi yang paling mungkin dengan memberikan fasilitas kusus kepada golongan ibu hamil, menyusui dan lansia agar merasa nyaman pada saat perjalanan. Jangan terjebak pada opsi A itu bukan jawaban yang diinginkan, perusahaan sudah punya sop jadi standart layanannya

6. Dengan naiknya biaya hidup dan harga barang yang serba mahal dan sulitnya lapangan pekerjaan membuat masyarakat merasa terjepit masalah perekonomian untuk memenuhi kebutuhan sehari
hari. Begitupun dengan anda sendiri yang hanya merupakan seorang karyawan perusahaan swasta dengan gaji yang sangat pas pasan setiap bulannya. Teman teman anda yang lain juga sering merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Banyak dari teman teman anda yang meminjam uang di aplikasi online dengan bunga yang tidak sedikit ditambah lagi jika melakukan pembayaran melebih tempo yang sudah ditentukan, mengakibatkan besar bunga bisa melebihi pinjaman, sikap anda jika dihadapkan pada permasalahan diatas...
  • Menasehati teman-teman saya agar berhati hati untuk melakukan pinjaman online meskipun dengan prosedur yang lebih gampang
  • Tidak ingin melakukan hal yang sama bahkan dalam kondisi terdesak sekalipun
  • Berusaha agar tidak melakukan peminjaman agar tidak merasa kesulitan pada saat melakukan pembayaran nanti
  • Mencari tahu detail tentang perusahaan yang memberikan pinjaman jika suatu saat terpaksa harus melakukan peminjaman
  • Mencari tahu sejarah perusahaan dan menaseti teman teman yang lain agar berhati-hati
JAWABAN DCBEA (54321)
Topik kemapuan mengendalikan diri, Indikator sikap dewasa dalam pengambilan sebuah tindakan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, permasalahan jika anda yang ada pada posisi teman anda, langkah yang tepat adalah opsi D Mencari tahu detail tentang perusahaan yang memberikan pinjaman jika suatu saat terpaksa harus melakukan peminjaman, menunjukkan anda orang yang bersikap dewasa dan mampu mengantisipasi sebuah kejadian dan mengambil keputusan

7. Di kantor saya terkenal sebagia karyawan yang sering memberikan bantuan terhadap sesama rekan kerja dalam berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Biasanya hal apa yang akan anda lakukan Saat rekan kerja anda membutuhkan bantuan anda...
  • Saya akan langsung memberikan membantu sesuai dengan kemampuan saya dengan begitu dapat meringankan beban mereka
  • Saya akan membantu mereka, akan tetapi biasanya saya akan selesaikan dulu permasalahn saya, baru setelah itu membantu dengan iklas
  • Saya bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan saya akan membantu.
  • Saya akan membantu tapi terlebih dahulu saya akan berfikir cukup lama untuk mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan mereka
  • Saya bertanya dahulu jika saya mampu saya akan membantu tentunya terlebih dahulu mengerjakan pekerjaan saya
JAWABAN CEABD (54321)
Topik Orientasi kepada orang lain, Indikator kepedulian terhadap orang lain membantu sesuai kapasitas dan kemampuan, pada saat orang lain meminta bantuan hal pertama yang harus anda lakukan adalah opsi C bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan baru anda akan membantu, karena ga semua permasalahn teman anda dapat membantunya

8. Pagi ini anda meminta bawahan anda untuk melakukan tinjaun ke lokasi proyek yang kebetulan dibawah tanggung jawab anda. Namun lagi-lagi bawahan anda tersebut mengingkari janjinya untuk melakukan tinjuan ke lokasi dengan berbagai alasan yang anda rasa kurang masuk akal. Sedangkan ini merupakan pekerjaan yang sangat penting demi menjaga nama baik perusahaan dan kepercayaan pemakai jasa perusahaan anda sikap anda...
  • Tidak lagi memberinya maaf karena ini sudah keterlaluan tidak mengindahkan perintah anda padahal itu adalah pekerjaan yang sangat penting
  • Berhenti memercayainya sejak kejadian pertama hingga selanjutnya
  • Melaporkan hal ini kepada pemilik perusahaan agar mendapatkan hukuman agar dia memahami tugasnya untuk masa yang akan datang
  • Berani berkata tegas dengan menegurnya agar bertanggung jawab
  • Tidak cepat percaya dengannya jika diserahkan tugas lagi untuk kedepannya
JAWABAN DCABE (54321)
Topik Kemampuan Menggerakkan dan Mengkordinir Orang lain, Indikator sebagai katalisator yang dapat mambawa perubahan dan mengatur bawahan, Permasalahan bawahan yang tidak menjalankan tugasnya dengan berbagai alasan, sebagai seorang atasan anda wajib menegurnya, karena bawahan anda adalah tanggung jawab anda, opsi D adalah yang paling tepat

9. Sebagai peserta lomba dalam HUT perusahaan di tempat saya bekerja, yang diikuti oleh semua kolega perusahaan, maka saya akan...
  • Yang penting saya akan berpatisipasi mewakili perusahaan saya
  • Tak cukup berpartisipasi saja, saya harus menjadi juara
  • Paling penting tingkatkan kebersamaan antara tim & kolega
  • Kompetisi menjadi juara itu utama, agar menjaga nama baik perusahaan
  • Apapun yang saya lakukan untuk menjaga kebaikan perusahaan
JAWABAN : BDECA (54321)
Topik semangat berprestasi, Indikator semangat kompetisi dan menggerakkan usaha untuk sukses, sebagai peserta lomba anda tentu harus memberikan penampilan terbaik anda untuk perusahaan dengan menjadi juara, hal ini menunjukkan anda karyawan yang semangat, penuh semangat dalam berkompetisi, mengerahkan usaha semaksimal mungkin

10. Pagi ini seperti biasanya anda selalu sibuk dengan rutinitas dipekerjaan sebagai seorang customer service pada sebuah rumah sakit pemerintah. Ketika anda sedang asik bekerja datanglah seorang ibu-ibu tua yang ingin menanyakan prosedur penggunaan BPJS kesehatan untuk proses rawat inap anaknya yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan secepatnya agar sakitnya tidak bertambah parah, Setelah anda menjelaskan panjang lebar dengan bahasa yang mudah dimengerti beberapa kali kepada sang ibu namun ternyata ibu tersebut tampak sangat kebingungan dan mengatakan bahwa dia tidak mengerti sama sekali dengan prosedur yang anda jelaskan, bagaimana sikap anda...
  • Menjelaskan secara pelan pelan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh ibunya agar dia tahu maksud dari apa yang anda jelaskan
  • Menjelakan dengan sabar sembari mengajak sang ibu untuk tenang terlebih dahulu agar lebih focus ketika anda menjelaskan, jika masih kebingungan anda akan membantu ibu tersebut untuk proses pengurusannya
  • Menjelaskan secara perlahan tahapan demi tahapan yang harus dilakukan ibu tersebut dengan bahasa yang santun agar sang ibu paham maksud dari apa yang anda jelaskan
  • Meminta sang ibu untuk memanggil salah satu anggota keluarganya agar anda bisa menjelaskan hal tersebut kepadanya
  • Meminta teman anda yang lebih berpengalaman dalam melayani keluarga pasien yang kebingungan dalam memahami prosedur yang ada
JAWABAN: DECAB (54321)
Topik Pelayanan public, Indikator daya tanggap terhadap pelayanan terhadap masyarakat, memenuhi kebutuhan penerima layanan dan segera mungkin, permasalahan pada soal ibu ibu tua yang tidak paham prosedur penggunaan BPJS untuk rawat inap padahal sudah anda jelaskan bahkan dengan bahasa yang mudah dimengerti tapi sang ibu tetap tidak paham, solusinya adalah menjelaskan kepada anggota kelurga yang lain.

Soal 11-20

11. Anda merupakan seorang manajer pada sebuah perusahaan. Sudah beberapa bulan ini ada salah satu
karyawan yang tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan cendrung menghambat aktivitas diperusahaan, banyak pekerjaan yang tertunda karena harus menunggu dia menyelesaikan pekerjaannya, terkadang setelah ditunggu pun hasilnya sangat buruk, padahal anda sudah memastikan bahwa beban kerja karyawan tersebut sudah sesuai dengan peraturan dan prosedur perusahaan. Perusahaan pun telah memberikan kesempatan beberapa kali untuk perbaikan dan memberi pelatihan, namun setelah diamati tidak ada perubahan sama sekali, yang anda lakukan...
  • Memberi kesempatan terus sampai dia bisa berubah menunjukkan peforma terbaiknya, meski akan mengganggu kinerja perusahaan
  • Memberikan kesempatan karena setiap karyawan berhak atas hal tersebut
  • Terpaksa mencari penggantinya agar kinerja perusahaan kembali membaik
  • Memberhentikannya dan memastikan semua keputusan saya terdokumentasi
  • Memberhentikan karyawan yang bermasalah tersebut, karena tidak bekerja dengan baik
JAWABAN: DECBA (54321)
Topik kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, sebagai atasan kita harus mampu
mengkoordinir bawahan, memberikan kesempatan untuk perbaikan dan pelatihan namun jika tidak ada perubahan maka seorang atasan harus tegas, karena atasan juga punya tanggung jawab terhadap kemajuan perusahaan yang dikelolahnya

12. Di divisi tempat anda bekerja sedang terjadi sebuah masalah yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan dalam menyelesaikan tugasnya. Anda sebagai atasan sudah mencoba untuk berfikir dan memandang masalah tersebut secarah objektif dan menganalisis setiap karyawan yang dapat terpengaruh atas masalah tersebut, kemudian yang anda lakukan...
  • Meminta mereka untuk berpartisipasi lebih baik lagi dan patuh terhadap semua kebijakan yang akan di ambil
  • Menyuruh mereka mematuhi semua kebijakan dan meminta penyelesaian dari masalah tersebut
  • Meminta masukkan dari mereka dan membuat keputusan secepatnya agar dipatuhi semua karyawan divisi
  • Membuat keputusan secepatnya dan memberitahu karyawan divisi akan hal tersebut, agar tidak kaget
  • Meminta masukan dari mereka, melakukan revisi seperlunya, dan kemudian mengajak mereka turut mengimplementasikan rencana yang telah disepakati
JAWABAN: E C A D B (54321)
Topik kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, sebagai atasan harus melibatkan bawahan tetapi keputusan tetap ada di tangan kita, memberikan pemahaman dan bagian dari kelompok kita harus saling terbuka, saling bertanggung jawab dan memiliki kesadaran serta selalu mengkomunikasikan setiap ada permasalahan

13. Anda diminta atasan anda untuk menyelesaikan sebuah masalah di dalam pekerjaan karena atasan anda menilai anda karyawan yang paling mampu mengatasinya dengan baik dan efektif. Namun ketika di tengah jalan penyelesaian yang anda berikan terhadap permasalahan tersebut sedikit kurang optimal untuk memberikan solusi terbaik seperti yang diharapkan perusahaan, yang anda lakukan...
  • Saya akan merubah semua solusi yang ada dan membuat penyelesaian baru
  • Saya meminta atasan untuk memberikan saya waktu lebih untuk memikirkannya
  • Saya melakukan modifikasi atas keputusan tersebut, terkadang modifikasi kecil sudah cukup
  • Mengembalikan tugas tersebut kepada atasan untuk di limpahkan kapada karyawan lain
  • Memikirkan cara yang paling efektif dari penyelesaian sebelumnya
JAWABAN: C E A B D (54321)
Topik kreativitas dan inovasi, mampu memikirkan hal hal kreatif dan imajinatif untuk melakukan perbaikan pada sebuah proses sehingga mendapatkan hasil terbaik, tidak harus merubah tapi melakukan modifikasi sehingga apa yang menjadi tujuan dapat tercapai

14. Beberapa hari terakhir ini di kantor anda sedang disibukkan dengan banyaknya deadline pekerjaan yang harus diselesaikan secepatnya, sehingga setiap komponen perusahaan diminta untuk memberikan kemampuan terbaiknya bagi perusahaan, karena jika ada pekerjaan yang tertunda akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Namun ada beberapa karyawan yang datang kepada anda bercerita dan mengeluhkan beberapa hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, sikap anda...
  • Saya selalu terbuka terhadap setiap karyawan untuk berkeluh kesah kapanpun mereka membutuhkannya
  • Hal tersebut harus di batasi karena dapat mengganggu kinerja perusahaan
  • Selalu bersimpati dan memberikan nasehat dan solusi yang paling baik terhadap setiap masalah mereka
  • Bersimpati dan memberikan solusi dan nasehat dengan tetap memprioritaskan kepentingan perusahaan
  • Saya akan selalu baik kepada setiap karyawan di perusahaan dan dapat menjadi teman curhat mereka setiap waktu
JAWABAN: D C B A E (54321)
Topik orientasi kepada orang lain, dengan menunjukkan etikad baik, empati dan kepedulian terhadap sesama, namun sesuai dengan kapasitas yang dimiliki dengan tetap memprioritaskan kepentingan perusahaan anda berbuat baik dan kerjaan tetap jalan

15. Anda telah bekerja sesuai dengan SOP yang perusahaan berikan kepada setiap karyawan dengan jelas, sudah terdokumentasi sebagai panduan bagi setiap karyawan dalam bekerja dan telah menerapkannya setiap hari dengan baik, namun terkadang ada kondisi dimana sebuah masalah yang timbul tidak dijelaskan bahkan tidak ada di dalam SOP yang perusahaan berikan, yang akan anda lakukan...
  • Tetap mengikuti sop yang ada meskipun pekerjaan selesai jadi sangat lama dan mengganggu kinerja
  • Meminta bantuan kepada rekan karyawan yang lain untuk dicarikan solusi terbaik
  • Melihat dari kondisi yang ada dan saya sesuaikan dengan misi perusahaan agar pekerjaan cepat terselesaikan
  • Menyuruh atasan untuk meriview kembali sop yang ada agar karyawan dapat bekerja dengan baik
  • Memikirkan penyelesaian yang sekira cocok dan bisa saya kerjakan sesuai kemampuan saya dan misi perusahaan
JAWABAN: C E B D A (54321)
Topik kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap
pekerjaan dengan tidak menyalahi tujuan perusahaan dan menyelesaikan pekerjaan secara cepat

16. Anda baru saja di mutasi ke sebuah cabang baru dari perusahaan anda yang berlokasi diluar kota, anda diberikan tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya untuk mengontrol dan mewujudkan tujuan perusahaan di kantor cabang baru tersebut, dan memajukan perusahaan. Namun cabang baru tersebut di isi oleh karyawan karyawan baru dari daerah dan belum berpengalaman, yang anda lakukan...
  • Memberitahukan kepada karyawan baru tersebut terkait pekerjaan yang harus mereka kerjakan
  • Menyuruh mereka untuk lebih berinisiatif untuk mengimprovisasi diri dan meningkatkan kualitas dalam bekerja
  • Menyuruh mereka membaca semua tugas mereka dan menerapkannya dalam setiap pekerjaan
  • Meminta untuk bekerja maksimal dan loyal terhadap perusahaan
  • Mengkomunikasikan sasaran perusahaan dan memotivasi staf saya untuk mencapainya.
JAWABAN: E A C D B (54321)
Topik kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, menunjukkan sikap dan kemampuan memimpin dan menjadi katalisator yang dapat mempengaruhi orang lain, sebagai atasan kita harus mengkomunikasikan, memberitahu kepada bawahan tujuan perusahaan dan membimbing mereka terutama jika karyawan belum berpengalaman

17. Beberapa tahun lagi anda akan memasuki usia pensiun dari salah satu instansi pemerintahan tempat anda bekerja selama ini. Tanggung jawab anda untuk mengabdi bagi negarapun telah selesai. Sekarang anda memasuki babak baru dimana tidak lagi terikat dengan pekerjaan dan pengabdian terhadap negara. Hal apa yang akan anda rencanakan untuk selanjutnya ketika waktu itu telah tiba...
  • Saya membuka usaha kecil-kecilan dirumah sambil menghabiskan hari tua saya dengan anak dan cucu-cucu saya
  • Memiliki tanah di berbagai tempat strategis untuk investasi masa tua saya dan keluarga
  • Membuka lapangan kerja buat orang terdekat dan yang membutuhkan pekerjaan karena zaman sekarang sulit mendapatkan pekerjaan
  • Memiliki warisan harta yang berguna bagi anak dan cucu saya kelak ketika waktu tersebut sudah tiba
  • Beristirahat saja setiap hari di rumah menikmati hari hari tua saya bersama keluarga
JAWABAN: A C B D E (54321)
Topik kemampuan bekerja berkelanjutan, mempunyai tekat untuk pengembangan diri dan berfikiran maju, selalu tidak pernah puas dengan apa yang sudah dicapai, tekad untuk sukses

18. Terdapat himbauan dan ajakan dari pemerintah kepada masyarakat terutama aparatur sipil negara untuk mengurangi pemanasan global akibat dari efek gas rumah kaca yang sudah terjadi hampir di seluruh belahan dunia, kontribusi yang dapat anda lakukan untuk mendukung program pemerintah tersebut sebagai seorang ASN yang setiap harinya berangkat untuk bekerja...
  • Menanami pekarangan rumah dengan pohon pohon hijau
  • Menggunakan transpotasi umum untuk berpergian
  • Mematikan peralatan listrik yang tidak penting
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Membatasi penggunaan limbah plastik dalam kegiatan sehari-hari
JAWABAN: B C E D A (54321)
Topik sosial budaya kesadaran akan hukum yang berlaku berupa tata tertib, himbauan, ajakan dan peraturan pemerintah untuk di dukung dan diterapkan

19. Anda mendapatkan tugas untuk menyelesaikan urusan kantor diluar kota dengan beberapa rekan team lainnya. Karena tugas ini sangat penting bagi perusahaan, anda diminta untuk bekerja dengan cermat, cepat, efektif dan efisien dan selalu mematuhi SOP yang ada. Namun ada salah satu dari rekan anda yang melakukan kesalahan cukup fatal karena tidak bekerja sesuai dengan prosedur, yang anda lakukan
  • Mendalami kesalahan yang telah diperbuat teman tersebut
  • Memintanya untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya kepada atasan
  • Membicarakannya dengan rekan kerja yang lain untuk mengambil sikap
  • Mengelurkannya dari team dan menyuruh bertanggung jawab
  • Membicarakan kepada atasan tentang permasalahan tersebut
JAWABAN: C E B A D (54321)
Topik kemampuan bekerja sama dalam kelompok, selalu bersifat terbuka dan mengkomunikasikan setiap permasalahan dalam team untuk dibicarakan dan di carikan solusi terbaik bentuk dari tanggung jawab atas pekerjaan

20. Anda sedang melakukan diskusi dengan rekan kerja divisi anda, kemudian ketika diskusi berlangsung ada seorang rekan kerja anda yang mengusulkan sebuah ide yang menurutnya sangat baik, namun menurut anda hal tersebut beresiko besar jika tetap dilakukan, ketika anda memberikan tanggapan namun teman tersebut tidak menanggapi dengan sikap yang baik, seakan-akan tidak mau
gagasannya di sanggah,sikap anda....
  • Diam saja dan mengikuti semua gagasannya demi menghindari konflik
  • Memintanya untuk memberikan gagasan yang lebih realistis dan resikonya kecil
  • Mengajaknya untuk bicara santai dan fokus pada tujuan awal
  • Memintanya untuk memikirkan kembali gagasan yang diusulkan
  • Keluar dari ruang diskusi dan memberitahukan kepada atasan
JAWABAN: C D B A E (54321)
Topik kemampuan mengendalikan diri dari sebuah kondisi yang tidak terduga dan diinginkan dengan tetap berfikiran jernih penuh tanggung jawab, sabar dan selalu mempertimbangkan baik buruknya

Soal 21-30

21. Anda baru saja di pindahkan ke departement lain di kantor anda yang masih memiliki hubungan dengan pekerjaan sebelumnya. Namun di tempat anda yang baru setiap karyawan sangat serius dalam bekerja, jarang bahkan tidak pernah anda melihat mereka bekerja dengan santai dan sedikit bercanda, sikap anda
  • Tetap bekerja seperti biasanya pada saat anda bekerja di tempat lama
  • Mempertanyakan tentang kondisi tersebut kepada rekan baru anda
  • Melakukan pembiasaan dengan cara kerja ditempat baru
  • Bekerja sesuai dengan jati diri saya sendiri tanpa terpengaruh orang lain
  • Mengajak mereka untuk tidak terlalu serius dalam bekerja
JAWABAN: C D E B A (54321)
Topik kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja baru agar dapat diterima dan menunjukkan sikap supel dan adaptif terhadap perubahan dan mampu menyesuaikan diri

22. Team anda mendapat tugas dari atasan anda untuk membantunya menyeleseikan dokumen-dokumen penting yang harus dibawahnya dalam rapat petinggi perusahaan. Dokumen yang harus disiapkan cukup banyak. Namun salah seorang rekan anda sulit untuk diajak bekerjasama dan cendrung menganggap sepele tugas yang diberikan atasan, perilaku dan sikapnya bahkan dapat berbahaya bagi
keselarasan di tempat kerja, sikap anda..
  • Meminta atasan untuk menegurnya agar bisa diajak bekerja sama
  • Memberikan pengertian agar sadar akan tugas dan tanggung jawab
  • Menyuruhnya untuk menyelesaikan tugasnya secepat mungkin
  • Membiarkan saja, karena bukan urusan anda untuk menegurnya
  • Memintanya untuk tidak menganggap sepele setiap pekerjaan
JAWABAN: B E C A D (54321)
Topik profesionalisme dalam bekerja, melaksanakan tugas dengan disiplin dan penuh tanggung jawab tehadap sebuah pekerjaan yang menjadi tanggung jawab

23. Suatu hari Saya dan teman-teman bersepakat untuk pergi ke perpustakaan kota bersama guna mencari buku untuk mengerjakan tugas sekolah. Saya dan seorang teman Saya sudah menunggu selama 1 jam di tempat yang disepakati. Namun ada dari dua orang teman saya yang datang terlambat dan mengatakan bahwa mereka membantu seorang ibu ibu yang keserempet mobil dan si pengemudi mobil tersebut meninggalkannya begitu saja. Maka yang akan saya lakukan adalah...
  • Menyuruh mereka pulang saja karena sudah tidak bisa menepati janji dan menghargai waktu orang lain
  • Menyuruh mereka untuk duduk dan menanyakan permasalahan yang terjadi dan kondisi mereka.
  • Memberitahu mereka bahwa lain kali mereka tidak akan ditunggu, jika tidak memberikan sama sekali
  • Merasa kesel dan kecewa karena sudah menunggu lama dan menyuruh mereka pulang saja dan saya langsung ke perpustakaan
  • Mengajak mereka ke perpustakaan kota untuk melupakan peristiwa yang baru saja terjadi.
JAWABAN: B E C D A (54321)
Topik orientasi terhadap orang lain, kepedulian dan empati terhadap orang lain, tidak menganggap acuh setiap orang, memahami kondisi orang lain, teman yang sedang terkena musibah

24. Ketika menjadi panitia sebuah acara di kampus anda, anda mendapatkan telpon dari pacar anda bahwa dia membutuhkan bantuan anda untuk menjemputnya ke stasiun kota, pacar anda mengatakan jika sudah mencoba menghubungi jasa angkutan online tapi tidak ada yang mengambil orderannya, sedangkan tugas anda masih banyak dan harus selesei hari ini juga mengingat acara akan dilaksanakan besok harinya, sikap anda...
  • Minta maaf dan mengatakan bahwa anda tidak bisa datang untuk menjemputnya
  • Memintanya untuk mencoba lagi untuk memesan jasa kendraan online
  • Menjemputnya terlebih dahulu dan melanjutkan pekerjaan yang tertunda selama anda pergi
  • Meminta rekan anda yang lain untuk menyelesaikan tugas anda dan pergi menjemput pacar anda
  • Tidak datang menjemput dan resiko diputusin pacar oleh pacar anda
JAWABAN: B A C D E (54321)
Topik profesionalisme dalam bekerja, kita dituntut untuk lebih mementingkan kepentingan pekerjaan dan tanggung jawab terhadap pekerjaan ketika anda hal lain yang menghalanginya dan fokus pada pekerjaan

25. Weekend ini anda berencana membantu adik anda dan teman kelompoknya untuk membuat sebuah artikel ilmiah. Ketika sedang mengajarkan bagaimana cara membuat sebuah karya ilmiah yang baik, kemudian ditelevisi terdapat berita tentang semakin besarnya angka pengangguran di indonesia, yang dapat anda sarankan untuk adik dan dan teman kelompoknya...
  • Minta mereka untuk kuliah dengan sungguh sungguh agar pada saat lulus nanti mudah mendapatkan pekerjaan
  • Meminta rajin dan serius ketika kuliah dan patuh pada aturan agar bisa lulus tepat waktu
  • Meminta mereka menyiapan soft skill dan hard skill mulai
  • Meminta mereka untuk tidak hanya menjadi kutu buku saja tapi juga ikut organisasi
  • Tidak menyarankan apa apa berharap mereka sadar sendiri nantinya tentang persaingan dunia kerja
JAWABAN: C D A B E (54321)
Topik semangat berprestasi selalu meningkatkan kemampuan untuk pengembangan diri dan bekerja keras yang berguna untuk masa depan yang lebih unggul, dengan menyeimbangkan soft skill dan hard skill

26. Anda diminta atasan anda untuk membantunya weekend ini di kantor menyelesaikan beberapa tugas penting. Namun dalam perjalanan menuju ke kantor, kendaraan yang anda tumpangi tiba-tiba rusak sehingga harus diperbaiki terlebih dahulu, dan membutuhkan waktu beberapa menit agar bisa digunakan lagi, sedangkan atasan anda telah menelpon berulang kali meminta anda segera datang ke kantor karena dia sangat membutuhkan bantuan anda...
  • Berusaha secepatnya ke kantor dengan mencoba untuk berjalan kaki
  • Menunggu kendraan sampai selesai diperbaiki dan meminta atasan menunggu
  • Meminta bantuan atasan di kantor agar segera dijemput dilokasi kerusakan kendraan yang anda tumpangi
  • Berjalan kaki sambil berusaha mencari tumpangan untuk ke kantor
  • Meminta pengemudi kendraan yang anda tumpangi untuk memperbaiki kendraannya dengan cepat
JAWABAN: D A B E C (54321)
Topik kreativitas dan inovasi, mencari jalan lain dan solusi terhadap permasalahan yang ada, berusaha untuk datang secepatnya memenuhi tanggung jawab membantu atasan anda secepat mungkin dan mengambil inisatif agar dapat membantu sesegera mungkin

27. Di perusahaan tempat anda bekerja saat ini memiliki tingkat disiplin dan aturan yang cukup ketat dimana setiap karyawan diminta untuk mampu bekerja cepat dan menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan dengan baik, anda merupakan seorang karyawan baru yang tentu saja belum terlalu terbiasa akan hal tersebut, dalam melakukan semua pekerjaan anda di kantor hal apa yang anda lakukan...
  • Lebih suka jika bekerja dengan suasana kelompok dan bisa saling bertukar pikiran
  • Lebih Suka bekerja sendiri dan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang diemban
  • Melibatkan teman-teman dalam setiap hal hal kecil terkait pekerjaan yang ada
  • Tekun, teliti, dan bekerja sampai semua pekerjaan dapat cepat diselesaikan
  • Lebih suka pekerjaan yang memberikan saya kebebasan waktu yang lebih fleksible
JAWABAN: D A C B E (54321)
Topik kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, dapat bekerja dengan cepat, disiplin sesuai prosedur dengan fokus dan cepat dan benar menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab

28. Anda termasuk ke dalam salah satu dari 3 kandidat karyawan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabatan di perusahaan anda. Untuk memutuskan siapa yang layak diantara kandidat yang ada, pimpinan perusahaan memberikan tugas yang sebelumnya tidak pernah anda kerjakan, bagaimana anda mengatasinya...
  • Bekerja sama dengan dua kandidat yang lain untuk saling membantu
  • Membaca berbagai referensi yang mendukung penyelesaian tugas tersebut
  • Membeli buku buku penunjang di gramedia untuk memudahkan dalam pemahaman terhadap tugas
  • Mencari referensi di google dan jurnal jurnal online dan memakainya untuk penyelesaian tugas agar hasilnya maksimal
  • Meminta bantuan dan pencerahan kepada atasan untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya
JAWABAN: B D C A E (54321)
Topik kemampuan belajar berkelanjutan, gemar membaca dan terus menimbah ilmu, berfikiran maju dan punya tekad untuk berkembang dan suka tantangan,

29. Bulan ini anda menerima berbagai macam keluhan dari pelanggan anda terkait pelayanan dari perusahaan terhadap mereka. Sebagai perusahaan yang memberikan layanan anda sudah sepatutnya mengerti akan kebutuhan pelanggan agar mereka tetap menggunakan jasa perusahaan anda, ketika ada seorang pelanggan yang datang menyampaikan keluhannya, yang anda lakukan...
  • Meminta pelanggan tersebut untuk menyampaikan keluhannya
  • Menanyakan keluhan pelanggan tersebut dan menjadikan bagian dari solusi
  • Mendengarkan setiap keluhan yang masuk kepada anda dengan seksama
  • Mengatasi keluhan yang masuk dengan tetap tenang dan fokus
  • Mencoba mengerti keluhan pelanggan terhadap perusahaan
JAWABAN: B D C A E (54321)
Topik orientasi terhadap pelayanan, memberikan pelayanan terbaik, dan optimal dan cepat kepada
pelanggan dan serta menyelesaikan keluhan mereka dengan solusi yang terbaik.

30. Rekan team kerja anda dimarahi oleh atasan pada saat mengumpulkan tugas team karena sudah telat beberapa menit mengumpulkan tugasnya. Hal ini disebabkan karena rekan anda tersebut harus meng asembbly pekerjaan tersebut terlebih dahulu sebelum dikumpulkan ditambah lagi semua rekan anggota team mengumpulkan tugas pribadi mereka juga terlambat, sehingga rekan anda yang bertugas untuk mengasembbly setiap pekerjaan jadi tidak menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu, sikap anda..
  • Mendengarkan saja rekan anda dimarahi setelah itu memberikan semangat untuk tidak dimasukkan kehati ucapan atasan
  • Minta maaf kepada teman karena keterlambatan juga disebabkan oleh anggota team yang lain
  • Mengakui kesalahan kepada atasan jika anda juga turut berkontribusi pada masalah tersebut
  • Mengakui kesalahan kepada teman dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi
  • Mengajak rekan anda untuk membicarakannya dan menghiburnya rekan yang dimarahi atasan
JAWABAN: C D B E A (54321)
Topik Integritas diri, mampu bertanggung jawab atas setiap tindakan yang diperbuat, berlaku jujur dan mengakui kesalahan

Soal 31-40

31. Anda bersama salah satu rekan kerja melakukan kunjungan ke kantor klien. Pada saat kunjungan tersebut Anda melihat ada salah satu klien yang terlihat kurang profesional dan kurang cakap dalam perundingan kerjasama. Padahal Anda perlu banyak informasi dan data mengenai program kerjasama yang akan segera disepakati. Sikap Anda pada situasi tersebut adalah …..
  • Meminta rekan kerja saya untuk mahir serta mampu bernegosiasi dengan klien tersebut. Berharap akan mendapatkan sisi keuntungan yang lebih dari keadaan klien yang kurang cakap dalam perundingan
  • Menyampaikan kepada atasan mengenai klien tersebut kepada atasan untuk dijadikan salah satu pertimbangan untuk melanjutkan program kerjasama untuk periode selanjutnya
  • Membatalkan kesepakatan kerjasama yang telah terjalin, untuk program yang telah terlanjut berjalan bisa diberikan kepada pihak lain dan saya akan menyarankan klien tersebut untuk mencari mitra kerjasama yang lain
  • Berusaha dan mencoba tetap mencari informasi penting meskipun saya yakin untuk membatalkan kerjasama dengan mitra tersebut
  • Berusaha untuk tidak terlalu kaku dan arogan dalam menggali informasi dari klien tersebut sehingga ia tidak gugup dan bisa berunding secara professional
Jawaban E
Berusaha untuk tidak terlalu kaku dan arogan dalam menggali informasi dari klien tersebut sehingga ia tidak gugup dan bisa berunding secara professional

32. Dalam rangka merayakan ulang tahun anak rekan kerja anda yang sangat dekat dengan anda. Rekan anda mengundang anda dan miminta anda untuk datang ke acara ulang tahun anak nya tersebut yang akan di adakan besok malam di sebuah restoran cepat saji tidak jauh dari kontrakan anda. Anda tahu persis sudah pasti akan diadakan pesta untuk anak-anak yang sangat meriah. Padahal anda sendiri sangat tidak menyukai anak-anak, maka yang anda lakukan…
  • Menelpon dan memohon maaf karna tidak akan hadir dan memberi kado di lain kesempatan
  • Hadir sebentar saja, memberikan kado dan segera pulang untuk menghargai undangannya
  • Datang dengan ekspresi yang tidak menyenangkan karna banyak anak-anak
  • Datang dan memberi kado dan mengikuti acara sampai selesai
  • Tidak datang tanpa konfirmasi apapun karena jika datang anda akan merasa sangat terganggu dengan keberadaan anak-anak
Jawaban D
Datang dan memberi kado dan mengikuti acara sampai selesai

33. Anda baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan di mana mayontas karyawannya berlawanan jenis kelamin dengan Anda. Suatu hari atasan Anda menemui Anda dan mengatakan bahwa kehadiran Anda membuat banyak karyawan susah fokus dalarn bekerja karena mereka lebih banyak memperhatikan diri Anda dibanding pekerjaan mereka sendiri. Atasan Anda kemudian mengisyaratkan agar Anda melakukan sesuatu untuk mengatasi permasalahan tesebut. Apa yang akan Anda lakukan? 
  • Tetap bekerja seperti biasa. Toh, kesalahan bukan berada di pihak saya. 
  • Menyarankan kepada atasan agar mendisiplinkan para karyawan tersebut.
  • Meminta kepada baglan kepegawaian untuk dipindahkan ke divisi lain. 
  • Mengubah tampilan dan perilaku Anda agar tidak menarik perhatian lawan jenis. 
  • Sedapat mungkin menyarankan kepada rekan-rekan yang lain agar lebih fokus dalam bekerja.
Jawaban D
Mengubah tampilan dan perilaku Anda agar tidak menarik perhatian lawan jenis. 

34. Kalau kamu jadi ketua RT, terus ada tetangga perumahan baru nikah setahun istrinya WNA, suka berjernur di depan ruMah, nah, para warga terganggu sama sikap si WNA, akhirnya kamu bilang ke suaminya si WNA, kalau para warga gak nyaman dengan sikap istrinya yang suka berjemur di depan rumah itu, nah sekarang si WNA sudah gak pemah lagi bedemur di depan rumah, tapi warga tetap gak nyaman, kamu sebagai ketua RT apa yang akan kamu lakukan 
  • Menjelaskan ke warga bahwa ada perbedaan budaya di negeri ini, gak semuanya harus ikut adat istiadat kita 
  • Kamu menjelaskan ke warga bahwa ada perbedaan antara WNA tersebut dengan kita para warga melalui pengajian, arisan (kegiatan masyarakat) 
  • Kamu bersikap proporsional dan netral, tapi juga menjelaskan ke warga tentang perbedaan yang ada 
  • Menasehati lagi si suami WNA kalau warga tidak nyaman dengan keadaan istri kamu 
  • Membiarkannya saja
Jawaban A
Menjelaskan ke warga bahwa ada perbedaan budaya di negeri ini, gak semuanya harus ikut adat istiadat kita 

35. Dina adalah seorang mahasiswi kedokteran, di tengah perkuliahan dia mengalami depresi berat karena kedua orang tuanya meninggal akibat kecelakaan. Sehingga dia berobat sampai sembuh dan bisa menyelesaikan kuliahnya. Setelah selesai kuliah dia ingin melanjutkan sekolah spesialis, tetapi ditolak oleh panitia seleksi karena ada riwayat gangguan kejiwaan tersebut. Menurut anda tindakan panitia seleksi itu.. 
  • Sangat tepat karena jika sewaktu waktu gangguan jiwanya kambuh, bisamembahayakan pasien 
  • Tidak tepat karena melanggar HAM
  • seharusnya diterima saja karena Dina sudah sembuh dan tidak akan berpengaruh apa apa
  • Seharusnya panitia seleksi memberi kesempatan pada Dina
  • Tepat karena orang dengan riwayat gangguan jiwa bisa meresahkan
Jawaban C
Seharusnya diterima saja karena Dina sudah sembuh dan tidak akan berpengaruh apa apa

36. Dalam dunia kerja, Anda akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Terkadang ada orang yang cuek dan tidak mau tau, ada juga yang sangat aktif mengkritik dan menyuarakan pendapatnya terhadap anda, sikap anda  
  • Bersifat terbuka terhadap kritik atau masukkan
  • Menjadikan kritikan sebagai masukan yang membangun agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
  • Saya jadikan kritikan sebagai bahan evaluasi diri
  • Berusaha menerima setiap kritikan yang dilontarkan untuk anda
  • Memahami karakter setiap orang yang anda temui
Jawaban B
Menjadikan kritikan sebagai masukan yang membangun agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

37. Suatu hari anda sedang makan diluar bersama rekan kerja. Beberapa saat kemudian datang seorang anak gelandangan yang mengatakan ia lapar dan meminta uang atau sisa makanan. Sikap anda terhadap situasi ini? 
  • Memberi ia uang lalu menyuruhnya pergi
  • Memberikan ia sisa makanan dan uang
  • Membelikannya makanan
  • Menanyakan dimana orang tuanya
  • Menanyakan apakah ia bersekolah
Jawaban B
Memberikan ia sisa makanan dan uang

38. Saya adalah seorang teknisi pada sebuah perusahaan teknologi terkemuka. Suatu hari terjadi kerusakan mesin yang sangat vital pada kantor cabang kami, dan harus diselesaikan dengan segera. Padahal saat itu saya sedang mengerjakan perbaikan pada mesin di kantor lain yang jaraknya sangat jauh. Saya akan....
  • Meminta kantor untuk menugaskan teknisi lain yang sedang tidak melakukan pekerjaan
  • Segera menyelesaikan pekerjaan saya dan menuju ke sana untuk memperbaikinya
  • Menuju ke sana untuk memperbaikinya dengan segera
  • Menghubungi rekan teknisi yang dekat dengan lokasi mesin dan memintanya untuk memperbaikinya
  • Menuju kesana untuk memperbaikinya dan meminta teman untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang saya kerjakan saat ini.
Jawaban D
Menghubungi rekan teknisi yang dekat dengan lokasi mesin dan memintanya untuk memperbaikinya

39. Suatu hari anda berlibur ke kampung sahabat anda yang berbeda latar belakang agama dan budaya dengan anda. Sahabat anda mengajak mampir ke salah satu warung makan di kampungnya. la memesan daging anjing bakar yang merupakan makanan kesukaannya tetapi terlarang bagi anda. Bagaimana sikap anda... 
  • Ikut memakan daging anjing itu sebagai wujud toleransi beragama
  • Tidak memakannya kemudian mengajaknya berbincang tentang apa keistimewaan  daging anjing itu
  • Tidak memakannya kemudian menanyakan hal lain tentang adat dan kebudayaan dikampungnya agar lebih memahami kebiasaan-kebiasaannya
  • Tidak ikut memakannya serta tidak berkomentar agar sahabat anda tidak tersinggung
  • Ikut mencicipinya sebagai wujud penghargaan dan pengamalan bhinneka tunggal ika.
Jawaban C
Tidak memakannya kemudian menanyakan hal lain tentang adat dan kebudayaan dikampungnya agar lebih memahami kebiasaan-kebiasaannya

40. Kamu mempunyai keluarga di luar negeri dan hari ini salah satu dari anak keluargamu tersebut akan liburan di Indonesia dan dititpkan dirumahmu, apa yang akan kamu lakukan untuk menjelaskan padanya mengenai keberagaman di Indonesia 
  • mengajaknya mengenal budaya dengan menceritakan sejarah di tempat-tempat yang di lewati 
  • Mengajak orang-orang di lingkungan buat memperkenalkan keberagaman kepada anak tersebut 
  • Mengajaknya main ketempat tempat ibadah
  • Jadi wakil orang tuanya duat ngedidik dia tentang keberagaman
  • Menjadi perpanjangan tangan orang tua untuk mengajarinya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari
Jawaban E
Menjadi perpanjangan tangan orang tua untuk mengajarinya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari

Soal 41-50

41. Sebagai sebuah wedding organizer, saya mendapatkan klien yang meminta pernikahan dalam budaya asal mereka yang sepertinya susah untuk didapatkan baju dan alat-alat lainnya karna sangat jauh dari tempat tinggal saya. Saya akan....
  • Menyarankan mereka untuk menggunakan baju adat tempat tinggal saat ini saja yang lebih mudah didapatkan
  • Menyarankan mereka untuk menggunakan pakaian nasional saat resepsi pernikahan
  • Memenuhi semua permintaan mereka untuk menggunakan budaya asal mereka dalam pernihakan.
  • Memenuhi semua permintaan mereka untuk menggunakan budaya asal mereka dalam pernikahan dengan syarat semua baju dan alat dipersiapkan oleh mereka.
  • Menghubungi rekan wedding organizer dari daerah asal mereka untuk membantu saya.
Jawaban E
Menghubungi rekan wedding organizer dari daerah asal mereka untuk membantu saya.

42. Anda ditugaskan oleh atasan anda bekerja untuk beberapa minggu di luar daerah. Setibanya disana ternyata daerah tersebut mayoritas wanitanya berhijab, sedangkan anda belum berhijab.Bagaimana anda menyikapi hal tersebut. 
  • Tetap pada pendirian dan berpenampilan seperti biasanya
  • Ikut memakai hijab dan melakukannya secara berkesinambungan
  • Ikut memakai hijab sebagai wujud penghargaan terhadap budaya daerah tersebut
  • Ikut memakai hijab walaupun anda merasa risih untuk menghargai budaya daerah tersebut
  • Anda merasa belum pantas untuk berhijab lebih baik hijab hati dulu
Jawaban C
Ikut memakai hijab sebagai wujud penghargaan terhadap budaya daerah tersebut

43. Anda bekerja di iven organizer perusahaan jasa acara pernikahan. Sudah menjadi hal yang lumrah jika mewarnai rambut bukan menjadi masalah bagi perusahaan anda. Suatu ketika anda ditugasi oleh atasan ke suatu daerah yang di tempat itu ada stigma masyarakat bahwa mewarnai rambut identic dengan preman yang ditakuti oleh sebagian besar masyarakat. Sikap anda adalah...
  • Tetap pada pendirian dan berpenampilan seperti biasanya
  • mewarnai rambut menjadi hitam dan melakukannya secara berkesinambungan
  • mewarnai hitam rambut saya sebagai wujud penghargaan terhadap budaya  daerah tersebut
  • Berusaha mewarnai rambut menjadi hitam walaupun anda lebih suka rambut warna warni dalam rangka menghargai budaya daerah tersebut
  • Anda merasa warna rambut warna warni bukan masalah bagi warga desa tersebut.
Jawaban C
mewarnai hitam rambut saya sebagai wujud penghargaan terhadap budaya  daerah tersebut

44. Anda baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan di mana mayoritas karyawannya berlawanan jenis kelamin dengan Anda. Suatu hari atasan Anda menemui Anda dan mengatakan bahwa kehadiran Anda membuat banyak karyawan susah fokus dalam bekerja karena mereka lebih banyak memperhatikan diri Anda dibanding pekerjaan mereka sendiri. Atasan Anda kemudian mengisyaratkan agar Anda melakukan sesuatu untuk mengatasi permasalahan tesebut. Apa yang akan Anda lakukan?
  • Tetap bekerja seperti biasa. Toh, kesalahan bukan berada di pihak saya.
  • Menyarankan kepada atasan agar mendisiplinkan para karyawan tersebut.
  • Meminta kepada bagian kepegawaian untuk dipindahkan ke divisi lain.
  • Mengubah tampilan dan perilaku Anda agar tidak menarik perhatian lawan jenis.
  • Sedapat mungkin menyarankan kepada rekan-rekan yang lain agar lebih  fokus dalam bekerja
Jawaban D
Mengubah tampilan dan perilaku Anda agar tidak menarik perhatian lawan jenis.

45. Siang ini anda menerima panggilan untuk proses rekrutment pada sebuah perusahaan. Ketika anda berangkat untuk mengikuti rekrutment tersebut di tengah perjalanan anda melihat kerumunan orang di pinggir jalan dan ternyata telah terjadi kecelakaan dengan korban tabrak lari, sedangkan anda harus sesegera mungkin sampai diperusahaan untuk memulai seleksi, maka sikap anda 
  • Tetap melanjutkan perjalanan untuk tepat waktu mengikuti tes pekerjaan
  • Mengabaikannya karena harus mengikuti tes yang akan dimulai sebentar lagi 
  • Tetap melanjutkan perjalanan setelah yakin ada orang lain yang menolong
  • Menolongnya, kemudian membawanya ke rumah sakit atau kantor polisi
  • Mengejar pelaku tabrak lari dan memintanya untuk bertanggung jawab atas perbuatannya
Jawaban : D
Menolongnya, kemudian membawanya ke rumah sakit atau kantor polisi

46. Malam ini anda bersama anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama. Salah satu di antaranya menggunakan gawai untuk menjelajahi teknologi informasi pada gawai nya, seperti whatsap, line, twitter, instagram. Sikap anda terhadap ilustrasi diatas 
  • Membiarkannya karena itu suatu hal wajar untuk bersosialisasi dengan rekan di dunia maya 
  • Menarik gawai nya dan tidak akan mengembalikannya sebelum seluruh anggota keluarga selesai makan 
  • Melanjutkan makan dan berbincang dengan anggota keluarga lainnya
  • Menasehatinya pada saat makan untuk tidak menggunakan gawai
  • Menanyakan alasannya menggunakan gawai tersebut dan mengingatkan untuk mematikan gawai nya
Jawaban : D
Menasehatinya pada saat makan untuk tidak menggunakan gawai

47. Siang ini anda berkunjung kesebuah tempat wisata, karena hari libur tentu saja pengunjung sangat ramai. Padaa saat pembelian tiket masuk objek wisata antrian sangat panjang, kemudian anda melihat seorang ibu hamil sedang mengantri selang 10an antrian di belakang anda. Ibu tersebut kelihatan sangat lelah ditambah lagi cuaca pada saat itu panas, apa yang anda lakukan 
  • Meminta ibu tersebut untuk mengambil antrian anda
  • Meminta ibu tersebut untuk berpindah ke antrian di depan anda
  • Bertukar posisi antrian dengan ibu tersebut
  • Antri seperti biasa karena kondisi antrian sangat panjang
  • Menyuruh ibu tersebut untuk antri di dekat anda
Jawaban C
Bertukar posisi antrian dengan ibu tersebut

48. Jika anda mendapatkan suatu pekerjaan yang bayarannya sangat besar, maka anda akan ...
  • Bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan anda
  • Lebih bersemangat
  • Takut
  • Merasa terharu
  • Biasa saja
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : d
Poin 2 : e
Poin 1 : c

49. Kita hidup di negara yang memiliki ragam kepercayaan, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda. Di perusahaan anda sendiri terdiri dari orang orang yang berbeda latarbelakang, banyak karyawan muslim yang mengeluhkan sulitnya beribadah karena ketersediaan tempat atau pada jam untuk beribadah mereka harus tetap bekerja, sikap anda 
  • Akan memfasilitasi tempat untuk beribadah mereka di lingkungan perusahaan 
  • Mendiskusikan hal ini dengan jajaran pimpinan dan pemilik perusahaan untuk dicari solusinya 
  • Karena pemilik perusahaan seorang non muslim, maka itu sudah menjadi aturan yang harus dipatuhi karyawan 
  • Memberikan kebijakan yang bersifat toleran kepada karyawan
  • Bersifat toleran dan menyediakan semua fasilitas ibadah karyawan
Jawaban D
Memberikan kebijakan yang bersifat toleran kepada karyawan

50. Teknologi informasi saat ini sangat berkembang pesat dan sangat bermanfaat untuk mempermudah penyampaian informasi di perusahaan anda, tetapi disamping manfaat ternyata juga banyak hal negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan teknologi informasi tersebut. Salah satunya adalah dapat disalahgunakan oleh karyawan anda untuk hal hal yang bertentangan dengan tujuan perusahaan hal ini tentu akan memberikan dampak yang buruk pada perusahaan anda jika dibiarkan begitu saja. Bagaimana sikap anda sebagain seorang pimpinan diperusahaan tersebut...
  • Mempelajari teknologi informasi tersebut kemudian menerapkan pada perusahaan
  • Menerapkan pada perusahaan untuk memudahkan komunikasi dan informasi antara departmen
  • Membuat batasan-batasan pada teknologi informasi tersebut agar tidak disalah gunakan kemudian menerapkannya pada perusahaan
  • Akan mempelajari, membuat batasan-batasan kemudian menerapkan pada perusahaan
  • Mencari informasi tentang cara penggunaan teknologi informasi tersebut dan bagaimana membuat batasan dan menerapkan pada perusahaan
Jawaban C
Membuat batasan-batasan pada teknologi informasi tersebut agar tidak disalah gunakan kemudian menerapkannya pada perusahaan

51. Anda baru saja pindah ke perumahan baru dan melihat anggota keluarga Pak Roni tetangga dekat Anda kerap dikucilkan dari pergaulan di sekitar tempat tinggalnya, dikarenakan perbedaan agama. Anda merasa anggota keluarga Pak Roni tidak dianggap oleh tetangga sekitar. Sikap Anda....
  • Menerima Pak Roni dan anggota keluarganya tinggal di lingkungan tersebut, dan menyarankan untuk membatasi kegiatan keagamaan 
  • Menyadarkan tetangga sekitar bahwa menerima keberagaman merupakan perbuatan yang dapat mengancam keharmonisan hubungan social 
  • Menerima Pak Roni dan anggota keluarganya tersebut dengan memberikan kesempatan untuk menyampaikan rasa kecewa kepada masyarakat karena telah mendiskriminasinya 
  • Menyadarkan tetangga sekitar mengenai keberagaman agama sebagai suatu hal yang tidak perlu dipermasalahkan
  • Menyadarkan tetangga sekitar agar memberikan kesempatan kepada Pak Roni dan keluarga untuk tinggal di perumahan tersebut
Jawaban: DECAB
Tentu saja pilihan D lebih baik daripada pilihan E, karena pada pilihan tersebut memberikan kesadaran kepada warga sekitar akan toleransi atas keberagaman sebagai suatu yang pasti dan tidak bisa dihindari dalam kehidupan serta tidak perlu dipermasalahkan.
Sementara pada pilihan E, penyadaran hanya pada masalah kebolehan untuk bertempat tinggal yang masih memungkinkan adanya pembatasan atas hak asasi Pak Roni untuk menjalankan agamanya.

52. Apabila Anda dengan tidak sengaja merusak salah satu fasilitas perusahaan yang sebenarnya itu bukan kesalahan Anda sepenuhnya, mungkin saja saat itu sedikit kesialan sedang berpihak, dan pada saat yang bersamaan secara kebetulan atasan Anda mengetahuinya secara langsung menyaksikan hal tersebut. Karena beliau berada di depan Anda, sikap Anda adalah ….
  • Spontan berbicara kepada atasan Anda menjelaskan bahwa itu sudah rapuh dan rusak
  • Spontan berbicara sendiri “duh ternyata barangnya sudah rapuh” dengan maksud tujuan agar atasan Anda mendengar dan memahaminya sendiri
  • Langsung dengan refleks berbicara sendiri, dengan kata-kata yang sangat sopan agar atasan memahami dan tidak mempermasalahkan hal itu, serta Anda tidak perlu memikirkannya lagi
  • Langsung berbicara kepada atasan meminta maaf dan menjelaskannya
  • Langsung berbicara kepada atasan meminta maaf, menjelaskannya, dan langsung menggantinya dengan yang baru
Jawaban: EDCAB

Langsung berbicara kepada atasan meminta maaf, menjelaskannya, dan langsung menggantinya dengan yang baru. pilihan yang paling tepat karena langsung minta maaf, menjelaskan kepada atasan, dan bersedia mengganti merupakan bentuk penyelesaian masalah yang Anda lakukan

53. Anda seorang customer service pada sebuah rumah sakit. Di tengah kesibukan Anda datanglah seorang kakek yang ingin menanyakan prosedur penggunaan Asuransi kesehatan yang dimilikinya untuk proses rawat inap anaknya yang sedang sakit yang butuh perawatan agar sakitnya tidak bertambah parah, Setelah Anda menjelaskan panjang lebar dengan bahasa yang mudah dimengerti beberapa kali kepada sang kakek namun ternyata kakek tersebut tampak sangat kebingungan dan mengatakan bahwa dia tidak mengerti sama sekali dengan prosedur yang Anda jelaskan, bagaimana sikap Anda?
  • Menjelaskan secara pelan-pelan dengan bahasa yang mudah dipahami agar dia tahu maksud dari apa yang Anda jelaskan 
  • Menjelaskan dengan sabar sembari mengajak sang oleh  kakek untuk tenang terlebih dahulu agar lebih focus ketika Anda menjelaskan, jika masih kebingungan Anda akan membantu kakek tersebut untuk proses pengurusannya 
  • Menjelaskan secara perlahan tahapan demi tahapan yang harus dilakukan ibu tersebut dengan bahasa yang santun agar sang kakek paham maksud dari apa yang Anda jelaskan 
  • Meminta sang kakek untuk memanggil salah satu anggota keluarganya  agar Anda bisa menjelaskan hal tersebut kepadanya
  • Meminta teman Anda yang lebih berpengalaman dalam melayani keluarga pasien yang kebingungan dalam memahami prosedur yang ada
Jawaban: DECAB
Topik Pelayanan publik, Indikator daya tanggap terhadap pelayanan terhadap masyarakat, memenuhi kebutuhan penerima layanan dan segera mungkin, permasalahan pada soal kakek yang tidak paham prosedur penggunaan asuransi kesehatan untuk rawat inap padahal sudah Anda jelaskan bahkan dengan bahasa yang mudah dimengerti tapi sang kakek tetap tidak paham, solusinya adalah menjelaskan kepada anggota keluarga yang lain.

54. Suatu hari Anda dihadapkan dengan pekerjaan yang sangat banyak dan semuanya memiliki deadline yang sama. Padahal Anda seorang karyawan yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan. Sebagai karyawan yang profesional apa yang Anda lakukan ….
  • Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dengan hasil sebisanya
  • Memilih lembur dengan harapan mendapat tambahan gaji berupa uang lembur
  • Pulang sesuai jadwal dengan meninggalkan setumpuk pekerjaan di meja untuk dikerjakan besok
  • Melapor pada atasan bahwa Anda butuh bantuan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas yang banyak
  • Membawa tugas tersebut ke rumah dan mengerjakannya di rumah sampai larut malam
Jawaban: DABCE
Melapor pada atasan bahwa Anda butuh bantuan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas yang banyak jejaring kerja, sudah profesional

55. Anda merupakan seorang pak pos yang setiap hari bertugas mengantarkan kiriman barang ke rumah pelanggan. Anda tidak tahu isi dari barang yang Anda antar tersebut, tugas Anda hanya mengantarkan ke alamat. Suatu hari Anda dikomplain karena barang yang Anda antar keliru. Sikap Anda….
  • Mendengarkan dan menjelaskan bahwa Anda hanya pak pos yang tugasnya hanya mengantar barang saja.
  • Mendengarkan dan memberikan solusi supaya kejadian ini tidak berulang
  • Mendengarkan dan minta maaf erta bersedia untuk mengantarkan barang yang tepat secepatnya
  • Mendengarkan saja supaya dia merasa dipahami setelah itu tidak perlu melakukan apapun
  • Minta maaf, Mendengarkan dan memberitahu ke atasan Anda jika ada barang yang keliru via telefon
Jawaban: ECABD
Minta maaf, Mendengarkan dan memberitahu ke atasan Anda jika ada barang yang keliru via telepon = 5. Ingat posisi Anda adalah seorang pak pos, sehingga secara logis tindakan yang bisa Anda lakukan sebagai seorang kurir. Poinnya adalah kriteria Profesionalisme (tujuan mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan)

56. Anda bekerja sebagai teller di sebuah bank. Ketika bank sedang ramai, tiba-tiba istri Anda datang meminta tolong kepada Anda untuk mengantarkan ke bAndara, karena tidak ada yang bisa mengantarkannya, Sikap Anda ….
  • Meminta izin atasan untuk mengantar istri Anda ke bAndara 
  • Meminta izin atasan untuk mengantar istri  Anda ke bAndara karena tidak ada yg bisa mengantarkan
  • Menyarankan istri Anda untuk naik angkutan umum menuju bAndara karena bank sedang ramai
  • Meminta istri Anda untuk menunggu karena bank ramai dan mengantarkan ke bAndara setelah bank sepi
  • Meminta teman untuk mengantarkan istri Anda ke bAndara karena bank ramai sehingga Anda tidak dapat mengantarkan sendiri
Jawaban: CDEBA
Pilihan C lebih baik, karena lebih pro restoran (pro pemerintah), dan tidak membuat istri Anda menunggu untuk pergi ke bAndara. Karena bisa jadi istri akan terlambat karena menunggu Anda.
Pilihan jawaban E kurang tepat karena merepotkan teman yang lain.
Pilihan A dan B tidak tepat karena lebih pro terhadap istri daripada bank sebagai tempat kerja Anda saat ini.

57. Anda diminta oleh pimpinan untuk membuat sebuah laporan pelaksanaan tugas. Namun, ketika Anda hendak mencetak laporan dimaksud, file laporan yang Anda buat tiba-tiba corrupt karena terkena virus, sedangkan pimpinan Anda meminta laporan tersebut segera. Apa yang akan Anda lakukan?
  • Segera mencari solusi dari permasalahan tersebut melalui google.
  • Segera memanggil tim IT untuk menangani permasalahan tersebut.
  • Segera memindahkan file kedalam flash disk.
  • Segera melapor kepada pimpinan bahwa file terkena virus.
  • Segera meminta teman untuk membantu menangani permasalahan tersebut.
Jawaban: BDAEC
Pilihan jawaban B merupakan jawaban yang paling tepat karena meminta bantuan kepada orang yang tepat dan ahlinya 
Pilihan jawaban C merupakan jawaban yang tidak tepat karena file Anda sudah terkena virus, walaupun dipindahkan ke flash disk tetap akan ada virus bahkan bisa jadi menyebarkan virus ke file lain yang ada di flash disk

58. Atasan anda menugaskan anda membuat sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah masalah pekerjaan di kantor anda, tetapi di kantor anda terdiri dari orang-orang dari berbagai macam latar belakang suku yg berbeda dengan anda. Bagamana sikap anda...
  • Membuat sebuah kelompok yg solid dari orang-orang yg sepemahaman dengan saya krn kekompakan itu penting.
  • Memilih orang2 dr berbagai latar belakang agar tidak ada kecemburuan sosial.
  • Memilih orang2 dr berbagai latar belakang yg berbeda agar dapat memperoleh bermacam saran dan masukan.
  • Membuka kesempatan bagi siapapun yg memiliki kemauan dan kemampuan bekerja tim.
  • Membuka kesempatan bagi siapapun yg memiliki kemauan dan kemampuan bekerja tim tanpa membedakan latar belakang.
Jawaban C
Memilih karena kita ditugaskan untuk membuat, bukan membuka kesempatan kurang tepat (Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain)

59. Pada saat anda sedang mengerjakan sebuah pekerjaan penting tiba-tiba anda menemukan sebuah kejanggalan pada sistem informasi yg anda gunakan dan bisa berakibat bocornya data perusahaan ke publik. Bagaimana sikap anda...
  • Menyuruh semua rekan kerja untuk menghentikan penggunaan sistem itu.
  • Saat itu juga anda menghentikan penggunaan sistem itu.
  • Melaporkan kepada atasan apakah harus berhenti menggunakan sistem itu.
  • Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian menghentikan penggunaan sistem itu.
  • Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian melaporkan ke atasan tentang masalah pada sistem itu
Jawaban C
Yang mengerjakan saat itu anda, dan posisinya sebagai bawahan, jadi wajib melaporkan dulu keatasan untuk langkah selanjutnya (Profesionalisme & teknologi Informasi)

60. Di kantor saya terkenal sebagian karyawan yang sering memberikan bantuan terhadap sesame rekan kerja dalam berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Biasanya hal apa yang akan anda lakukan Saat rekan kerja anda membutuhkan bantuan anda ?
  • Saya akan langsung memberikan membantu sesuai dengan kemampuan saya dengan begitu dapat meringankan beban mereka
  • Saya akan membantu mereka, akan tetapi biasanya saya akan selesaikan dulu permasalahnsaya, baru setelah itu membantu dengan iklas
  • Saya bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan saya akan membantu.
  • Saya akan membantu tapi terlebih dahulu saya akan berfikir cukup lama untuk mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan mereka
  • Saya bertanya dahulu jika saya mampu saya akan membantu tentunya terlebih dahulu mengerjakan pekerjaan saya
Jawaban C
Topik Orientasi kepada orang lain, Indikator kepedulian terhadap orang lain membantu sesuai kapasitas dan kemampuan, pada saat orang lain meminta bantuan hal pertama yang harus anda lakukan adalah opsi C bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan baru anda akan membantu, karena ga semua permasalahn teman anda dapat membantunya

Soal 61-70

61. Hampir setiap minggu anda selalu menjalankan dinas ke luar kota. Pekerjaan anda menuntut anda untuk selalu mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan ketika bertugas, mulai darang barang barang pribadi sampai ke dokumen penting yang harus dibawah. Kendala yang sering terjadi adalah anda agak sedikit pelupa, terkadang barang bawaan anda bisa tertinggal, belum lagi resiko kerusakan selama perjalanan atau hilang, sikap anda
  • Menyiapkannya jauh jauh hari agar tidak lupa
  • Selalu membawa dokumen cadangan di tempat berbeda
  • Menyimpan dengan sistem online agar bisa diakses dimana saja
  • Menyimpan dokumen di dalam hard disk
  • Tetap mempersiapkan seperti biasa yang anda lakukan
Jawaban C 
Menyimpan dengan sistem online agar bisa diakses dimana saja

62. Sebagai seorang calon ASN kita dituntut untuk cermat dalam bermedia sosial. Di era milinial sekarang ini marak berita dan informasi hoax di media sosial yang disebarkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab membuat banyak orang mudah terprovokasi, berdebat kusir, sikap anda mangatasi hal ini
  • Membatasi penggunaan media sosial yang penting penting saja
  • Mengenali sumber berita akurat atau tidaknya
  • Mengenali dari judul berita terkadang terkesan provokatif
  • Membacanya saja kemudian tidak mengambil pusing informasi tersebut
  • Membaca keseluruhan informasi secara lengkap
Jawaban B
Mengenali sumber berita akurat atau tidaknya

63. Kantor tempat saya bekerja meminta laporan harian secara online, sementara saya adalah bekerja di lapangan yang kadang terkendala sinyal untuk melaporkan kegiatan. Saya akan....
  • Meminta kelonggaran pada atasan untuk melaporkan secara manual
  • Meminta kelonggaran pada atasan untuk melaporkan saat sinyal sedang bagus
  • Berusaha mencari tempat dengan sinyal bagus untuk dapat melaporkan sesuai ketentuan kantor
  • Meminta teman yang berada di lokasi dengan sinyal bagus untuk dapat melaporkan kagiatan harian saya ke kantor
  • Saat sedang berada di tempat dengan sinyal jelek, saya menunda laporan pada keesokan harinya.
Jawaban B
Meminta kelonggaran pada atasan untuk melaporkan saat sinyal sedang bagus

64. Saya adalah salah satu junior di sebuah perusahaan. Pada era saya, perusahaan mengharuskan mengubah sistem kerja menggunakan IT mulai dari pengiriman surat, komunikasi dengan pihak lain untuk bekerjasama, dan segala macam hal lain. Senior di tempat saya masih tetap menggunakan sarana non IT. Apa yang saya lakukan?
  • Memberikan penjelasan kepada senor tersebut
  • Memberikan penjelasan kepada senior tersebut dan mengajarkannya mengenai IT
  • Membantu senior dalam bekerja yang mengharuskan penggunaan IT
  • Biarkan saja sampai senior tersebut merasa IT itu diperlukan
  • Karena IT diharuskan, seharusnya senior mawas diri.
Jawaban B
Memberikan penjelasan kepada senior tersebut dan mengajarkannya mengenai IT

65. Kamu seorang asisten ahli dari sebuah perusahaan yang tidak paham teknologi, dan kemudian kemajuan IT menuntut Anda untuk membuat sistem baru dalam perusahaan Anda. Sikap Anda?
  • Menerima teknologi baru tersebut, dengan meminta tolong ahli perusahaan mengajari Anda
  • Ikut mengembangkan teknologi tersebut dan meminta ahli IT di perusahaan Anda untuk mengajari Anda
  • Menerima teknologi baru tersebut dengan menyerahkan ahli IT dalam pengembangan teknologi yang ada dan Anda ikut andil di dalamnya.
  • Ikut mengembangkan teknologi IT tersebut bersama ahli IT dari perusahaan Anda dan Anda membantu menggerakkan anggota lain
  • Menerima teknologi baru tersebut dan mengkolaborasikannya dengan ide Anda.
Jawaban B
Ikut mengembangkan teknologi tersebut dan meminta ahli IT di perusahaan Anda untuk mengajari Anda

66. Anda sedang mengerjakan sebuah tugas dengan suatu aplikasi.  Tiba-tiba ditengah jalan aplikasi tersebut error sehingga mengganggu pekerjaan. Anda akan....
  • Langsung menutup aplikasi tersebut agar tidak banyak data yang hilang
  • Memanggil ahli IT dan menanyakan kepadanya
  • Menanyakan kepada teman yang pernah mengalami hal serupa
  • Terus mengerjakan dan berharap aplikasi akan kembali normal
  • Menyampaikan kepada atasan dan meminta nasihat
Jawaban A
Langsung menutup aplikasi tersebut agar tidak banyak data yang hilang

67. Kemauan dan kemampuan untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi di kantor menurut saya harus menjadi tanggungjawab...
  • Para pimpinan kantor
  • Ahli IT yang bekerja di kantor
  • Semua personil yang ada di kantor
  • Orang-orang yang berpotensi berurusan dengan hal-hal IT di kantor
  • Personil kantor yang berusia muda dan masih memiliki banyak potensi
Jawaban C
Semua personil yang ada di kantor

68. Saya harus melaporkan pekerjaan dengan cepat, dan komputer kantor yang biasanya saya gunakan untuk membuat laporan mati sehingga yang tersedia hanya sebuah laptop baru yang penggunaanya belum saya kuasai. Yang saya lakukan adalah....
  • Membuat laporan secara manual dan meminta orang yang bisa menggunakan laptop tersebut untuk mengalihkannya dalam bentuk laporan yang saya butuhkan
  • Segera memperbaiki komputer saya supaya bisa mengerjakan laporan
  • Meminta orang untuk mengerjakan laporan saya
  • Berusaha mengerjakan laporan dengan menggunakan laptop tersebut
  • Menunda pembuatan laporan sampai komputer saya dibetulkan oleh kantor
Jawaban D
Berusaha mengerjakan laporan dengan menggunakan laptop tersebut

69. Dalam menghadapi era kemajuan teknologi yang berjalan sangat cepat, menurut saya kita harus...
  • Berusaha menguasai teknologi dengan baik
  • Mengikuti perkembangan teknologi dengan membacanya
  • Membiarkan generasi terkini menguasai teknologi
  • Menyesuaikan cara kerja kita seiring dengan kemajuan teknologi
  • Mempelajari hanya teknologi yang kita butuhkan saja
Jawaban A
Berusaha menguasai teknologi dengan baik

70. Tahun ini kantor mengharuskan semua laporan dibuat dalam bentuk berbeda, yaitu dalam bentuk grafik dan analisa dengan program teknologi baru  yang belum begitu saya pahami. Yang saya lakukan...
  • Membuat dalam bentuk grafik dan analisa dengan program yang saya kuasai, yang penting bisa dipahami
  • Membuat laporan dalam bentuk laporan seperti tahun-tahun sebelumnya
  • Meminta bantuan teman untuk mengajari saya menguasai program teknologi baru tersebut
  • Meminta bantuan teman untuk membuat laporan dengan program teknologi baru tersebut
  • Membuat laporan dengan program yang saya kuasai, lalu meminta bantuan teman untuk mengalihkannya dalam program baru
Jawaban C
Meminta bantuan teman untuk mengajari saya menguasai program teknologi baru tersebut

Soal 71-80

71. Setelah hujan deras, beberapa titik lampu sekitar rumah saya padam karena tersambar petir. Hal ini cukup mengganggu aktivitas warga sekitar di malam hari. Sebagai seorang yang tidak terlalu memahami tentang kelistrikan, yang saya lakukan adalah...
  • Berusaha memperbaiki sendiri semaksimal yang saya bisa
  • Memanggil tukang listrik untuk memperbaiki kerusakan
  • Melapor kepada ketua RT dan meminta pertimbangan solusi
  • Membiarkan saja sampai masalah tersebut teratasi dengan sendirinya
  • Mengajak warga sekitar rumah untuk bersama-sama memperbaikinya
Jawaban C
Melapor kepada ketua RT dan meminta pertimbangan solusi

72. Kantor mengharuskan seluruh pegawai untuk melakukan laporan secara langsung melalui web kantor, sementara saya terbiasa membuat laporan menggunakan laporan manual. Saya akan....
  • Tetap membuat laporan secara manual
  • Meminta teman untuk membuat laporan saya melalui web
  • Meminta kebijakan atasan untuk dapat tetap membuat laporan secara manual
  • Berhenti membuat laporan karena merasa tidak mampu
  • Belajar untuk membuat laporan secara lansung melaui web
Jawaban E
Belajar untuk membuat laporan secara lansung melaui web

73. Menurut saya kemampuan menguasai dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi bagi pegawai negeri adalah...
  • Suatu hal yang dapat meningkatkan kinerja
  • Sebaiknya difokuskan pada pegawai negeri yang muda-muda
  • Suatu hal yang tidak wajib karena sulit dikuasai
  • Penting karena menjadi tuntutan jaman saat ini
  • Wajib untuk pegawai negeri yang memiliki kapabilitas
Jawaban A
Suatu hal yang dapat meningkatkan kinerja

74. Kantor saya sepakat untuk membuat grup di sebuah program jejaring sosial untuk mempermudah komunikasi dan berbagi informasi. Sementara gadget saya belum mendukung untuk program tersebut. Saya akan....
  • Menunggu ada uang lebih untuk membeli gadget yang bisa saya gunakan untuk ikut grup kantor tersebut
  • Tidak ikut grup karena saya masih bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi saat berangkat kerja
  • Segera mengganti gadget saya supaya bisa ikut ke dalam grup tersebut
  • Tidak ikut grup dan meminta informasi dari grup pada teman yang ikut grup tersebut
  • Ikut grup jika saya sudah ada keinginan untuk mengganti gadget saya
Jawaban C
Segera mengganti gadget saya supaya bisa ikut ke dalam grup tersebut

75. Dalam era sekarang komputerisasi sudah merambah ke seluruh lapisan dunia kerja, saya akan
  • Mempelajari tentang komputer hanya jika diminta oleh kantor
  • Meminta peralatan komputer ke kantor
  • Membaca banyak pengetahuan dari buku
  • Mempelajari dan mengembangkan kemampuan saya dalam mengoperasikan komputer
  • Mengikuti  segala perkembangan tentang komputer
Jawaban D
Mempelajari dan mengembangkan kemampuan saya dalam mengoperasikan komputer

76. Pimpinan menginginkan agar berita-berita yang sedang hangat dibicarakan dibuat sebuah kumpulan berita agar memudahkan dibaca nantinya, maka sebaiknnya...
  • Saya buatkan kliping koran dengan jangka waktu tiap bulan
  • Saya kumpulkan berita-berita dari internet-internet dan saya bookmark tiap alamatnya
  • Saya kumpulkan berita majalah dan koran yang berisi berita penting
  • Saya bersama teman-teman menyimpan tiap koran dan majalah ke rak-rak khusus
  • Saya meminta OB untuk mengkliping koran yang penting
Jawaban B
Saya kumpulkan berita-berita dari internet-internet dan saya bookmark tiap alamatnya

77. Di perusahaan Anda baru saja memperbaharui salah satu perangkat IT guna mempermudah karyawan menyelesaikan tugasnya. Sikap Anda adalah....
  • Mengajak rekan-rekan Anda untuk mencari informasi bagaimana mengoperasikan perangkat tersebut di waktu kosong.
  • Mencari informasi mengenai pengoperasian perangkat tersebut bersama rekan-rekan Anda.
  • Meminta orang lain untuk mengajar Anda dan rekan-rekan Anda cara mengoperasikan perangkat tersebut.
  • Mencari informasi di internet dan mempelajarinya bersama rekan-rekan anda.
  • Mengajak rekan-rekan Anda mencari informasi terkait pengoperasian perangkat tersebut sepulang jam kantor.
Jawaban D
Mencari informasi di internet dan mempelajarinya bersama rekan-rekan anda.

78. Anda melakukan kesalahan fatal dalam tugas karena kurangnya pemahaman tentang teknologi informasi. Yang Anda lakukan....
  • Mencari jalan keluar dari permasalahan yang Anda hadapi
  • Mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan kepada saya tentang cara penggunaan teknologi informasi
  • Mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan informasi kepada saya tentang pentingnya teknologi informasi
  • Membahas permasalahan yang saya hadapi dengan rekan kerja
  • Melapor pada atasan dan mengikuti petunjuknya
Jawaban C
Mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan informasi kepada saya tentang pentingnya teknologi informasi

79.  Atasan meminta saya untuk membuat laporan hasil kerja melalui aplikasi berbasis internet, sementara saya terbiasa membuat laporan dengan print out hasil ketikan komputer. Saya akan...
  • Tetap membuat laporan dengan print out, karena sudah terbiasa dengan cara itu
  • Meminta teman untuk membuatkan laporan hasil kerja saya dengan aplikasi
  • Belajar untuk membuat laporan hasil kerja melalui aplikasi
  • Meminta kebijakan pada atasan untuk dapat mengerti kebiasaan saya dan tidak memaksa membuat laporan hasil kerja melalui aplikasi
  • Malas membuat laporan hasil kerja
Jawaban C
Belajar untuk membuat laporan hasil kerja melalui aplikasi

80. Teman anda tidak bisa datang kekantor karena rumah dan akses jalan menuju kantor banjir dan tidak ada transportasi yang melintas disana. Kebetulan rumah anda tidak jauh dari rumah teman anda. Maka yang anda lakukan adalah ... 
  • Menjemputnya dan berangkat bersama sama kekantor 
  • Langsung berangkat kekantor kaena takut terlambat
  • Menelpon teman anda untuk menanyakan kabar
  • Memintanya untuk berangkat kekantor walaupun harus jalan kaki 
  • Menghampirinya untuk menanyakan apa ada tugas atau dokumen penting yang harus dibawa kekantor 
Jawaban A
Menjemputnya dan berangkat bersama sama kekanto

Soal 81-90

81. Seseorang ingin mengirim hewan ternak melalui pelabuhan, tetapi tidak memiliki surat kesehatan hewan yang dipersyaratkan. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata hewan tersebut merupakan pembawa penyakit menular dan harus dimusnahkan. Saya akan...
  • Langsung memusnahkan hewan tersebut sesuai prosedur.
  • Langsung memusnahkan hewan tersebut dan mengupayakan ganti rugi untuk pemiliknya.
  • Menginformasikan kepada atasan terkait kasus tersebut.
  • Menginformasikan kepada pemilik ternak bahwa hewan harus dimusnahkan dan tidak bisa dikirim.
  • Meminta kepada pemilik untuk membawa kembali hewannya dengan syarat harus dimusnahkan.
Jawaban A
Langsung memusnahkan hewan tersebut sesuai prosedur.

82. Suatu negara mengizinkan rakyatnya untuk menyampaikan pendapat, opini, maupun fakta. Selama hal yang disampaikan tidak melanggar peraturan yang berlaku. Opini yang sebaiknya tidak disampaikan adalah opini yang ... 
  • Berbegai hal yang dapat menyinggung persaan orang lain
  • Berbagai hal yang mengancam keutuhan kelompok
  • Berbegai hal yang bertemakan SARA
  • Opini yang mengandung unsur dendam pribadi
  • Opini yang berusahan menghadirkan suasana humoris
Jawaban C
Berbegai hal yang bertemakan SARA

83. Saat ini banyak pertikaian karena perbedaan pandangan, pertikaian tersebut terjadi antara agama, suku, kelompok, dan golongan yang satu terhadap yang lain, yang tidak mencerminkan nilai yang terkandung dalam Pancasila. Anda adalah pengajar di sekolah dasar dan dimintai pendapat agar nilai Pancasila dapat diterima anak usia SD dengan baik, maka usulan anda adalah… 
  • Memberikan contoh sikap-sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila
  • Siswa diajak dan dilatih untuk membudayakan 3S (senyum, Sapa dan Salam)
  • Melatih siswa untuk rajin beribadah
  • Melalui pelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan atau Pendidikan Pancasila 
  • Menanamkan Disiplin terhadap siswa melalui berbagai cara
Jawaban A
Memberikan contoh sikap-sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila

84. Suatu hari salah satu pemuda dari Desa Suka Senang diperas oleh beberapa orang pemuda dan Desa Suka Sedih. oleh karena jumlah mereka sangat banyak, pemuda dari Desa Suka Senang, mengalah. Setelah itu, pemuda tersebut pulang dan menceritakan kejadian tersebut kepada pemuda lain dari desanya. Mendengar ceritta tersebut, para pemuda Desa Suka Senang tidak terima. Mereka pun membuat perhitungan dengan para pemuda Desa Suka  Sedih. Konflik tersebut menyebabkan beberapa rumah dan Desa Suka Sedih hangus terbakar. Untuk menyelesaikan konflik tersebut, Anda sebagai pemimpin kedua daerah tersebut akan... 
  • Menumbuhkembangkan toleransi antarsuku
  • Melakukan penyuluhan kepada kedua suku
  • Memerintahkan saja aparat di bawah untuk mengamankan
  • Memberikan vonis terhadap kedua suku
  • Mengadakan rekonsiliasi antar suku
Jawaban E
Mengadakan rekonsiliasi antar suku

85. Seorang tamu merasa puas dengan pelayanan yang saya berikan dan ingin memberikan uang dengan nilai yang sangat menggiurkan kepada saya. Padahal peraturan kantor, tidak memperbolehkan hal tersebut. Saya akan...
  • Menerimanya dan akan membaginya dengan teman di ruangan saya
  • Menolaknya, namun apabila memaksa akan saya terima
  • Memintanya untuk memberikan di luar kantor karena tidak enak dengan teman yang lain
  • Menerimanya untuk kemudian disampaikan kepada atasan
  • Menolak dengan halus dan memberitahukan tentang peraturan di kantor
Jawaban E
Menolak dengan halus dan memberitahukan tentang peraturan di kantor

86. Teman ingin meminjam mobil saya untuk keperluannya, sementara saya tahu dia tidak memiliki surat izin mengemudi. Saya akan...
  • Menolak permintaanya dengan alasan mobil akan saya gunakan
  • Meminjamkannya dengan perasaan cemas
  • Ragu-ragu untuk memenuhi permintaanya
  • Memenuhi permintaanya untuk meminjam mobil
  • Menolak permintaanya karena ingin mematuhi peraturan
Jawaban E
Menolak permintaanya karena ingin mematuhi peraturan

87. Jika anda mendapatkan suatu pekerjaan dengan gaji yang sangat kecil, maka anda akan ...
  • Bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan anda
  • Malas
  • Keluar dari pekerjaan tersebut
  • Merasa sedih
  • Biasa saja
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : c

88. Menurut saya orang tua saya sukses dalam bekerja dan berkarya karena ...
  • Mereka menempuh berbagai rintangan untuk mencapai kesuksesan
  • Mereka berusaha keras dalam hidupnya untuk sukses
  • Mereka mendapatkan kesempatan dan fasilitas sehingga bisa sukses
  • Mereka adalah pribadi yang patut dicontoh
  • Mereka orang yang sangat beruntung dan membuat anaknya bangga
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : a
Poin 3 : d
Poin 2 : c
Poin 1 : e

89. Anda diminta untuk memberikan materi training di suatu forum yang pesertanya kebanyakan adalah mahasiswa dari kampus ternama. Maka reaksi anda adalah...
  • Meminta orang lain saja untuk memberi materi training
  • Mengkomunikasikan pada penyelanggara acara agar sesi materi ditunda
  • Mencoba menjelaskan sebisanya
  • Meminta bantuan rekan untuk menyusun materi
  • Berusaha tenang dan fokus pada materi yang akan disampaikan
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : a

90. Tawaran beasiswa begitu banyak, namun pasangan anda tidak mengizinkan anda untuk mengambil beasiswa dengan alasan anda tidak bisa fokus pada pekerjaan dan keluarga, maka anda akan ...
  • Marah kepada keadaaan
  • Memakluminya
  • Meminta pasangan untuk mempertimbangkannya
  • Keluar dari pekerjaan
  • Sedih
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : c
Poin 3 : e
Poin 2 : a
Poin 1 : d

91. Mengangkat telepon pada saat rapat menurut saya ...
  • Boleh saja
  • Tidak boleh
  • Boleh asal pimpinan meyetujui
  • Boleh asal sudah memberi usulan atau kontribusi ide dalam rapat
  • Boleh asal tidak ketahuan
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : e
Poin 1 : a

92. Karena sebagian besar pegawai pulang kampung dan saya diminta menunda cuti lebaran oleh pimpinan. Saya berjanji pada orang tua untuk mudik di hari lebaran, sikap saya ...
  • Tetap mengambil cuti
  • Memberi pengertian kepada orang tua
  • Memberi pengertian kepada pimpinan agar diperbolehkan pulang kampung
  • Meminta anggota keluarga lain untuk membujuk orang tua
  • Meminta teman untuk menggantikan penundaan cuti
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : d
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : a

93. Anda adalah ketua bidang kewirausahaan di sebuah organisasi. Pada suatu saat anda ditegur oleh pimpinan karena ada program - program yang belum terlaksana sampai pada akhir periode kepengurusan. Maka yang akan anda lakukan adalah ...
  • Mencari alasan agar tidak dimarahi
  • Menerima resiko
  • Meminta maaf pada jajaran pengurus
  • Segera mengurus kelanjutan programnya
  • Mengatakan bahwa hal yang harus anda kerjakan sangat banyak, sehingga membutuhkan
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : c
Poin 3 : b
Poin 2 : e
Poin 1 : a